Wednesday, April 4, 2012

Model High/Scope - Strategi Pembelajaran pada Anak Usia Dini


Strategi Pembelajaran yang Berpusat pada Anak Dengan Model High/Scope


Strategi pembelajaran yang berpusat pada anak memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan sesuai dengan minat dan keinginannya, mulai dari membuat perencanaan (plan), mengerjakan (do), dan melaporkan kembali (review). Pada model High/scope menggunakan active learning, sehingga pembelajarn yang berpusat pada anak cocok dengan pendekatan High/scope. Dimana setiap kegiatan yang akan dilakukan akan menuntut anak untuk menjadi pembelajar yang aktif.


Untuk penerapan pembelajaran di TK dapat menggunakan strategi yang berpusat anak dengan model High/Scope ini, karena dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak. Guru hanya memfasilitasi segala keperluan anak. Untuk penerapan strategi pembelajaranyang berpusat pada anak dengan model High/scope untuk KB yaitu di setia komponen kegiatan anak aktif terlibat langsung, menentukan, melakukan langsung tanpa paksaan dari guru. Anak belajar melalui pengalamannya. 

Guru hanya memfasilitasi segala keperluan anak. Strategi ini juga dapat diterapkan di TPA, karena strategi ini menekankan penguatan diri anak dan fasilitas yang disediakan oleh guru akan sangat membantu anak dalam proses pembelajaran sehingga dapat memaksimalkan seluruh aspek perkembangan kemampuan anak. Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang berpusat pada anak dengan model High/scope dapat diterapkan di TK, KB, dan TPA.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment