Strategi
 pembelajaran yang berpusat pada anak memberikan kesempatan kepada anak 
untuk melakukan sesuai dengan minat dan keinginannya, mulai dari membuat
 perencanaan (plan), mengerjakan (do), dan melaporkan kembali (review). 
Pada model High/scope menggunakan active learning, sehingga pembelajarn 
yang berpusat pada anak cocok dengan pendekatan High/scope. Dimana 
setiap kegiatan yang akan dilakukan akan menuntut anak untuk menjadi 
pembelajar yang aktif.
 
Untuk penerapan pembelajaran di 
TK dapat menggunakan strategi yang berpusat anak dengan model High/Scope
 ini, karena dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak. Guru 
hanya memfasilitasi segala keperluan anak. Untuk penerapan strategi 
pembelajaranyang berpusat pada anak dengan model High/scope untuk KB 
yaitu di setia komponen kegiatan anak aktif terlibat langsung, 
menentukan, melakukan langsung tanpa paksaan dari guru. Anak belajar 
melalui pengalamannya. 
Guru hanya memfasilitasi segala 
keperluan anak. Strategi ini juga dapat diterapkan di TPA, karena 
strategi ini menekankan penguatan diri anak dan fasilitas yang 
disediakan oleh guru akan sangat membantu anak dalam proses pembelajaran
 sehingga dapat memaksimalkan seluruh aspek perkembangan kemampuan anak.
 Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang berpusat pada 
anak dengan model High/scope dapat diterapkan di TK, KB, dan TPA. 

No comments:
Post a Comment