Strategi
pembelajaran yang berpusat pada anak memberikan kesempatan kepada anak
untuk melakukan sesuai dengan minat dan keinginannya, mulai dari membuat
perencanaan (plan), mengerjakan (do), dan melaporkan kembali (review).
Pada model High/scope menggunakan active learning, sehingga pembelajarn
yang berpusat pada anak cocok dengan pendekatan High/scope. Dimana
setiap kegiatan yang akan dilakukan akan menuntut anak untuk menjadi
pembelajar yang aktif.
Untuk penerapan pembelajaran di
TK dapat menggunakan strategi yang berpusat anak dengan model High/Scope
ini, karena dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak. Guru
hanya memfasilitasi segala keperluan anak. Untuk penerapan strategi
pembelajaranyang berpusat pada anak dengan model High/scope untuk KB
yaitu di setia komponen kegiatan anak aktif terlibat langsung,
menentukan, melakukan langsung tanpa paksaan dari guru. Anak belajar
melalui pengalamannya.
Guru hanya memfasilitasi segala
keperluan anak. Strategi ini juga dapat diterapkan di TPA, karena
strategi ini menekankan penguatan diri anak dan fasilitas yang
disediakan oleh guru akan sangat membantu anak dalam proses pembelajaran
sehingga dapat memaksimalkan seluruh aspek perkembangan kemampuan anak.
Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang berpusat pada
anak dengan model High/scope dapat diterapkan di TK, KB, dan TPA.
No comments:
Post a Comment